Tips Memilih Hosting yang Bagus & Berkualitas

0
407

Tips memilih hosting yang bagus dan berkualitas memang harus ditentukan sebelum kita akan mulai ngeblog. Saat ini terdapat banyak sekali penyedia layanan hosting yang kita perlukan. Mulai dari shared hosting, cloud hosting, vps, semi dedicated server hingga dedicated server ada semuanya.

Ada yang berbayar dan juga ada yang gratis. Tetapi untuk keperluan serius ngeblog, memilih hosting yang gratis merupakan langkah yang sangat keliru. Kenapa? jangan tergiur akan hosting yang gratis, tetapi terdapat kekurangan didalamnya. Biasanya bila menggunakan hosting yang gratis, situs kamu akan sering mengalami yang namanya down. Itu sangat tidak bagus untuk SEO!!! lalu terkadang hosting yang gratis tidak di support oleh penyedia. Sehingga kita akan mengalami kesulitan saat terjadi apa – apa pada situs kita.

tips memilih hosting

Memilih hosting yang tepat untuk keperluan ngeblog tidak boleh dianggap sepele juga. Masalahnya, untuk menentukan masa depan blog kita harus ditentukan dengan pemilihan hosting yang berkualitas. Bila akan membuat situs yang memiliki ribuan trafik per harinya dibutuhkan shared hosting yang memiliki Bandwith unlimited atau bila anda mempunyai uang yang lebih bisa menyewa VPS.

Tips Memilih Hosting Terbaik 2018

1. Memilih Paket Hosting Sesuai Kebutuhan

Hal mendasar yang perlu diketahui saat pertama kali pembelian hosting adalah memilih paket hosting sesuai kebutuhan. Tidak hanya sesuai kebutuhan, memilih hosting harus disesuaikan dengan kantong juga lah hehe 😀

Bayangkan bila anda ingin membuat blog yang berpeluang mendapat ratusan ribu trafik pengunjung setiap harinya, menggunakan VPS adalah langkah yang tepat. Bila masih menggunakan shared hosting pun tidak masalah asalkan dapat menampung ratusan ribu pengunjung.

Sedangkan untuk yang masih coba – coba dalam ngeblog, saya sarankan memilih paket hosting pemula. Bila blog yang saat itu anda kelola mengalami lonjakan trafik ribuan bahkan ratusan, saatnya untuk upgrade hosting ke pro. Atau bila tidak ingin mengambil resiko dapat menyewa VPS.

Kapasitas ruang penyimpanan juga harus diperhatikan. Memilih hosting dengan kapasitas penyimpanan yang besar akan membuat blog semakin cepat diakses. Tapi jangan sampai blog anda overcapacity, karena hal itu akan membuat server down. Langkah yang harus dihadapi ketika overcapacity adalah melakukan upgrade hosting atau migrasi dari shared hosting ke VPS.

2. Melihat Fasilitas dan Fitur yang Disediakan

Teliti lah saat akan membeli hosting dengan memperhatikan fasilitas dan fitur yang ada. Pilihlah penyedia hosting yang memiliki fitur litespeed agar blog kita menjadi cepat dan lancar. Litespeed membuat blog kita menjadi 10x lebih cepat dari yang Apache. Dan pastikan hosting yang diberikan terdapat Cpanel didalamnya. Ini merupakan bagian terpenting untuk Front End Developing kita.

Pilihlah penyedia hosting yang 99,9% uptime. Jangan sampai ketika kita ingin mengakses atau ada pengunjung yang mengakses informasi penting yang kita sajikan menjadi terhambat. Hal ini akan membuat pengunjung kecewa dan tidak akan pernah kembali lagi berkunjung ke blog anda.

3. Menentukan Server Hosting

Nah, ini juga tidak kalah penting. Menentukan Server Hosting memang sering dianggap sepele oleh blogger yang akan memulai ngeblog. Pilihlah server sesuai kebutuhan. Contohnya bila anda ingin membuat blog dengan jangkauan seluruh dunia atau global, dapat memilih server USA, Kanada, Inggris, dll. Tetapi bila ingin menjangkau pengguna di daerah Asia Tenggara maka server yang anda pilih adalah Singapura. Sedangkan untuk menjangkau pengguna yang ada di Dalam Negri atau lokal sudah pasti anda harus memilih server di Indonesia.

Server hosting juga mempengaruhi dalam kecepatan load suatu blog. Semakin dekat server yang digunakan semakin cepat pula akses menuju blog tersebut. Contohnya pengunjung di Indonesia akan sangat cepat mengakses blog yang berserver di Indonesia. Sebaliknya, pengunjung di Luar Negri akan lebih lambat sedikit daripada yang berada di Indonesia.

Tips dari saya untuk menjangkau pengguna dari Dalam dan Luar Negeri ada baiknya bila memilih Server yang berada di Singapura.

4. Pilihlah Penyedia Hosting yang Support 24 Jam

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak kita inginkan pada saat ngeblog. Bila terdapat kendala di dalam hosting kita, dapat menghubungi support yang telah siaga 24 jam. Atau saat masalah server down dapat memberikan solusi bagi kita.

Kadang kala kita juga kesal saat terdapat kendala mengenai hosting dengan mengirimkan support ticket respond dari admin sangat lambat bahkan 2 – 3hari baru dibalas. Sangat bosan sekali kan sobat bila harus menunggu balasan dari admin support ticket tersebut.

Setelah membaca mengenai Tips Memilih Hosting yang Berkualitas, semoga anda bisa mengetahui langkah yang tepat agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Sekian Tips dari saya, Apabila ada saran mengenai tips diatas atau ingin menambahkan dapat anda lakukan melalui komentar dibawah. Salam Blogger!!!