Tips Blog Ramai Pengunjung paling Jitu

2
639

Tips Jitu agar Blog Ramai Pengunjung – Blog ramai pengunjung biasanya dialami oleh blog yang sering update terbaru artikelnya. Namun, belum tentu juga blog yang sering update itu ramai dikunjungi orang. Pernahkah kalian melihat blog yang jarang update namun masih ramai pengunjung? Aneh dan tidak masuk akal bukan? Lebih aneh lagi kalau banyak artikelnya yang telah di indeks oleh google dan nangkring di page 1.

tips agar blog ramai pengunjung

Nah, blog yang seperti itulah dapat mungkin terjadi apabila kalian menerapkan tips yang akan saya bagikan dibawah nanti. Bukan berarti saya melakukan tips dibawah dan langsung banyak ribuan pengunjung yang datang, tidak sobat.

Membangun blog agar ramai pengunjung itu harus sabar dan konsisten dalam mengupdate artikel. Perlahan tapi pasti, lakukan tips dibawah ini, niscaya blog kalian akan sedikit demi sedikit terdongkrak dalam segi jumlah pengunjung.

Membuat blog agar ramai pengunjung merupakan cita-cita para blogger termasuk saya. Ditambah kebanjiran trafik pengunjung setiap harinya membuat kita semangat untuk terus meningkatkan kualitas artikel blog.

Banyak blogger yang kandas ditengah jalan lantaran mereka frustasi mengenai trafik pengunjung tidak naik atau malah anjlok turun drastis. Hal tersebut menjadi hal maklum lantaran ngeblog butuh konsistensi dan kesabaran dalam membangun suatu blog.

Namun, banyak pula blogger sukses yang sekarang dapat menikmati hasil yang telah mereka kerjakan secara konsisten dan sabar dalam jangka waktu tertentu. Oiya, membangun blog ramai pengunjung tidak bisa secara instan ya sobat.

INILAH TIPS YANG HARUS KALIAN KETAHUI AGAR BLOG RAMAI PENGUNJUNG

Tips dibawah saya buat dengan menyimpulkan apa yang telah diketahui oleh para blogger senior di blognya dan sebagian juga hasil riset saya selama ini dalam dunia ngeblog.

1. BUATLAH ARTIKEL JANGKA PANJANG

Apa itu artikel jangka panjang? Artikel Jangka Panjang maksudnya artikel yang tidak lekang oleh waktu walau topik yang ditulis sudah lama berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Intinya artikel tersebut masih enak dibaca dan tidak basi kapan saja dimana saja walau sudah seringkali dibahas. Dalam arti lain isi dari artikel yang ditulis berguna bagi pengunjung.

Contoh artikel yang mudah basi adalah yang berisi Berita. Merupakan kesalahan fatal apabila seorang blogger memilih untuk membuat artikel yang berisi berita. Memang, saat itu blog kalian ramai pengunjung dikarenakan salah satu postingan berita yang page 1.

Tetapi tahukah kalian, setelah masanya berakhir, artikel tersebut akan tidak berguna lagi alias tidak enak dibaca karena artikel berita tersebut sudah lawas. Orang-orang lebih memilih untuk mencari artikel berita yang terbaru dan terupdate.

Bukan maksud saya untuk mengkategorikan artikel berita adalah jelek. Kalian boleh saja membuat artikel berisi berita, namun harus konsisten setiap saat update. Bila tidak, blog kalian akan sepi pengunjung. Siapa orang yang mau lihat artikel berita basi? Xixixixi 😀

Kecuali jika kalian membangun situs berita yang siap untuk menjadi besar dan merekrut karyawan untuk menulis berita terupdate, itu adalah langkah yang tepat. Tetapi, untuk sekelas blogger, saya sarankan untuk memilih niche yang lainnya.

Kemudian, contoh artikel yang tidak mudah basi adalah artikel seputar tutorial dan panduan. Bila blog kalian memiliki niche Blogging seperti saya dapat menulis Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Blog dalam 5 Menit. Saya yakin, para blogger disini masih mengalami kesulitan dalam menemukan ide untuk menulis artikel di blognya. Maka dari itu saya membuat artikel tersebut.

Contoh lain artikel yang tidak mudah basi adalah artikel yang ditulis oleh blog PanduanIM. Tips blogging disana saya yakin tidak lekang oleh waktu dan tetap akan menjadi bahan rujuakan blogger dari pemula hingga mahir.

2. BUATLAH KONTEN ARTIKEL YANG BERKUALITAS

Artikel jangka panjang saja tidak cukup ya sobat. kalian harus membuat artikel yang berkualitas. Maksudnya apa mas? maksudnya adalah buatlah artikel yang memberikan solusi kepada pengunjung.

Hindari membuat artikel berbelit-belit yang membingungkan pengunjung. Boleh sekedar basa-basi tetapi harus nyambung dengan pokok pembahasan yang akan dibahas.

Bila kalian melakukan kesalahan tersebut, bukan tidak mungkin pengunjung akan lari ke blog sebelah untuk menemukan solusi masalah yang akan dicari.

BACA JUGA : TIPS MENEMUKAN IDE MENULIS ARTIKEL DALAM 5 MENIT

Lebih baik menyelesaikan 1 artikel dalam beberapa hari daripada 1 hari banyak artikel. Jadi disinilah kualitas artikel kalian disajikan. Oiya, jika kalian ingin membuat artikel tutorial saya harapkan menyusun tutorial tersebut secara berurutan dan jelas. Tidak lupa pula memberi gambar sebagai penjelasan lebih lanjut.

Menurut saya kualitas artikel juga bisa dilihat dari segi jumlah kata. Idealnya artikel berkualitas terdiri dari 500 – 1000+ kata dan itupun lebih bagus lagi diselesaikan dalam beberapa hari untuk riset kata kunci,

3. PERBARUI ARTIKEL YANG SUDAH ADA

Update artikel blog tidak melulu harus mempublish artikel baru setiap hari ya. Mungkin masih banyak dari kalian menganggap update artikel itu dengan publish artikel baru. Padahal, dengan memperbarui artikel yang sudah ada, itu sudah termasuk update artikel lho.

Jadi, ini merupakan cara yang efektif ketika kalian sedang tidak memiliki ide untuk menulis artikel baru. Misalnya terdapat beberapa tulisan yang salah ketik, melengkapi bagian artikel yang kurang, dan memperbarui tips-tips lama yang telah usang atau tidak relevan dengan keadaan saat ini.

Dengan mengupdate artikel lama menjadi lebih baik, hal tersebut menambah kualitas artikel yang telah sobat buat. Semakin lengkap semakin baik dimata search engine google maupun pengunjung.

4. LAKUKAN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL

Promosi artikel di media sosial jangan dianggap remeh. Meskipun trafik pengunjung yang bagus adalah dari search engine google, namun dengan mempromosikan postingan, lebih banyak lagi orang yang tahu mengenai blog sobat.

Apalagi kalau mengintegrasikan antara blog dengan fanspage facebook, twitter, dan instagram. Maka bukan tidak mungkin blog kalian akan mengalami kenaikan trafik pengunjung yang lumayan signifikan.

Melakukan promosi blog di media sosial juga dapat membangun branding lho sobat. Jadi, blog kalian lebih dikenal oleh banyak orang. Hal tersebut sangat bagus pula dalam membangun jaringan dengan banyak orang.

5. MENJADI PENULIS TAMU DI BLOG LAIN

Belum banyak orang tahu mengenai cara ini. Carilah blog yang menerima artikel guest dengan niche yang sama dengan blog kalian.

BACA JUGA : 7 KEUNTUNGAN MENJADI PENULIS TAMU

Jangan sampai, salah mengirimkan artikel yang tidak relevan dengan niche yang diinginkan pemilik blog. Otomatis artikel yang kalian sodorkan akan ditolak untuk diterbitkan oleh pemilik blog.

APA KEUNTUNGAN MENJADI PENULIS TAMU?

  1. Gratis Backlink (Usahakan guest blog yang memiliki DA PA tinggi)
  2. Meningkatkan UV (Unique Visitor) dan PV (Page Views)
  3. Nama blog penulis akan lebih dikenal

KESIMPULANNYA…

Kalian sudah tidak perlu posting artikel terus menerus dengan dalih agar ramai pengunjung. Setelah membaca artikel ini, jangan kalian langsung bermalas-malasan tidak update artikel ya.

Kalau memang bisa konsisten update artikel terus menerus ya tidak apa-apa sob, itu kembali lagi kepada kalian. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu dengan memperbaiki artikel-artikel yang telah lama. Gunakanlah Tips Jitu dari saya diatas, bukan tidak mungkin blog kalian ramai pengunjung.

2 KOMENTAR

Comments are closed.