8 Update Algoritma Google beserta Saran Optimasi

Hampir setiap saat, Google melakukan perbaikan dan update algoritma-nya untuk menentukan perubahan peringkat website pada mesin pencari.  Perbaikan yang dilakukan diantaranya beberapa tweak kecil dan yang lainya akan berdampak besar terhadap hasil pencarian (SERP).

Dengan mengetahui Update Algoritma Google terbaru saat ini, anda mendapatkan pengetahuan untuk meningkatkan lagi performa blog di mesin pencarian. Bagian blog mana saja yang perlu dioptimasi ulang, perbaikan apa yang perlu dilakukan, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai update terbaru dari algoritma google di tahun 2019 beserta saran optimasi pada masing-masing algoritma. Ok langsung saja kita menuju pembahasan..

1. Algoritma Panda

update algoritma panda

Algoritma yang dirilis pada tanggal 24 Februari 2011 ini, fokus utamanya adalah mengenai konten duplikasi (plagiat). Jadi, situs yang ketahuan mempublikasikan konten plagiat dari website lain otomatis langsung terkena tendangan kungfu dari algoritma panda ini.

Selain itu, pembaruan algoritma google terbaru ini membuat blogger berpikir 2x untuk mengoptimasi websitenya. Pasalnya, melakukan optimasi yang berlebihan juga akan berdampak buruk bagi keberlangsungan website pemilik. Oleh karena itu, optimasi sewajarnya saja dan tidak berlebihan jika tidak ingin terkena dampak algoritma ini.

Beberapa faktor yang menyebabkan situs anda terkena algoritma ini adalah konten berkualitas rendah, konten yang tidak enak dibaca, kesalahan dalam tata bahasa, konten yang kurang informatif. Sementara itu, untuk keyword stuffing, article spinning, dan plagiarism juga mendapatkan perhatian dari algoritma panda.

Saran Optimasi Algoritma Panda

Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat konten yang original dan berkualitas serta tingkat keterbacaan yang bagus untuk manusia (human friendly). Anda juga bisa cek kembali postingan artikel yang berkualitas buruk, segera mungkin untuk menghapusnya. Serta yang terakhir adalah jangan memasukan banyak keyword dalam 1 artikel, dalam hal ini spam keyword sangat tidak dianjurkan.

2. Algoritma Penguin

update algoritma penguin

Selanjutnya adalah algoritma penguin, dirilis pada tanggal 24 april 2012 terdapat sedikit kemiripan dengan algoritma yang telah rilis sebelumnya, panda. Tetapi, dalam rilis ini google lebih memfokuskan pada audit profil situs web dari profil dan tautan yang mengarah ke website.

Pada update algoritma kali ini, backlink bisa berdampak positif untuk mempengaruhi peringkat situs di mesin pencari, apabila :

  • Ditaruh di tempat yang berkaitan dengan website anda.
  • Terdapat konten yang relevan dengan niche website anda.
  • Berasal dari banyak domain.
  • Situs anda bisa menjadi sumber terpercaya.
  • Backlink buruk akan berdampak pada penurunan SERP.

Algoritma penguin dapat berjalan secara otomatis dengan menandai situs web anda apabila dicurigai terdapat backlink yang buruk. Jika website anda diberi tanda oleh penguin, maka cara untuk melepasnya adalah dengan melakukan peninjauan ulang untuk membersihkan link yang buruk (disavow).

Saran Optimasi Algoritma Penguin

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pengaruh penguin adalah berhati-hati dalam melakukan penanaman backlink. Anda tidak boleh sembarangan menanam link. Biarkan backlink terjadi secara natural. Hindari membeli backlink dan bertukar link.

Anda dapat mengecek backlink dan melakukan penghapusan pada link yang buruk. Untuk lebih lanjutnya anda bisa melihat sumber referensi ini.

Disavow Backlinks

Backlink yang natural berasal dari pengunjung yang sangat terbantu oleh artikel yang anda buat. Buatlah tulisan yang bermanfaat, maka otomatis pengunjung akan merekomendasikan artikel anda dan situs web akan mendapatkan 1 backlink berkualitas.

3. Algoritma Hummingbird

update algoritma hummingbird

Setahun setelah rilis penguin, pada tanggal 22 agustus 2013 google melakukan rilis lagi untuk algoritma selanjutnya yaitu hummingbird. Algoritma ini fokus kepada keyword stuffing dan artikel berkualitas rendah. Jika situs web anda masih terdapat kedua fokus tersebut, maka google tidak akan mengarahkannya.

Google lebih mengarahkan ke situs web yang memiliki artikel berkualitas tinggi serta relevan dengan keyword. Selain itu, bahasa alami akan diproses tergantung dari semantic laten dan sinonim.

Saran Optimasi Algoritma Hummingbird

Untuk mengatasi algoritma hummingbird ini, yang harus anda lakukan adalah sebelum menulis konten pastikan melakukan riset kata kunci. Carilah kata kunci yang memiliki fokus pada konsep. Anda bisa melakukan riset kata kunci menggunakan tools gratis di Internet.

Sinonim dalam artikel juga berpengaruh. Carilah persamaan kata yang cocok dengan topik tulisan anda.

4. Algoritma Pigeon

update algoritma pigeon

Selanjutnya, pada tanggal 24 juli 2014 google merilis algoritma pigeon. Algoritma ini memiliki fokus pada pencarian lokal. Seperti namanya (burung dara) tidak akan jauh meninggalkan sarangnya kemana pun. Algoritma ini menitik beratkan pada pencarian wilayah lokal.

Kemungkinan, efek dari rilisnya algoritma pigeon tidak terlalu terasa bagi sebagian blogger. Untuk anda yang memfokuskan bisnis lokalnya di mesin pencari patut untuk menggaris bawahi algoritma ini. Keuntungan yang didapat dari pigeon adalah pencarian tertarget dan memberikan sinyal positif bagi pengusaha kecil.

Saran Optimasi Algoritma Pigeon

Para ahli SEO terkemuka memberikan tips untuk melakukan optimasi situs web dari algoritma pigeon. Anda harus membuat artikel yang relevan dengan niche blog. Kemudian, anda diharuskan untuk menambahkan lokasi pada target kata kunci yang dibidik. Misalnya “Jasa Pembuatan Tas Kanvas Bandung“.

Membuat situs web lebih mobile friendly tidak boleh dianggap remeh, banyak pengguna internet saat ini yang menggunakan smartphone android untuk mencari informasi melalui google. Seo on page dan off page pun tidak lupa untuk diperhatikan.

Adanya tautan dari sumber terpercaya akan semakin mendongkrak posisi website anda pada mesin pencari lokal. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan. Yang terakhir adalah mendaftarkan lokal bisnis anda di Google Maps.

5. Algoritma Mobilegeddon

update algoritma mobilegeddon

Algoritma ini dirilis pada tanggal 21 April 2015 dengan memfokuskan kepada tampilan mobile friendly. Setelah rilisnya algoritma ini, google memastikan bahwa situs web yang memiliki tampilan ramah seluler akan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari.

Apabila website anda tidak ramah seluler, maka siap – siap untuk terdepak dari papan atas mesin pencarian. Seperti yang telah saya singgung di nomer 4 tadi, bahwa saat ini banyak pembaca yang mengakses konten melalui mobile. Oleh karena itu manfaatkan peluang ini dengan membuat tampilan situs web lebih ramah seluler.

Saran Optimasi Algoritma Mobilegeddon

Langkah yang dapat anda ambil adalah dengan menggunakan theme/template yang mobile friendly. Bagaimana cara untuk memastikan situs web kita sudah mobile friendly? gampang saja, ada tools Google Mobile Friendly Test gratis yang bisa digunakan.

TIPS : Gunakan theme/template yang telah support AMP. Menurut google, project amp akan lebih membuat tampilan situs web mobile friendly dan cepat diakses menggunakan smartphone. Apakah amp berpengaruh terhadap SERP? Saya tidak tahu pasti, lebih baik anda sendiri melakukan eksperimen akan hal ini.

6. Algoritma Rankbrain

update algoritma rankbrain

Update algoritma google yang ke-6 adalah Rankbrain. Algoritma ini rilis pada tanggal 26 Oktober 2015. Fokus algoritma rankbrain ini ada pada kekurangan user experience dan isi konten. Rankbrain masih ada benang merahnya dengan algoritma Hummingbird.

Google merilis algoritma ini untuk membantu memahami penyajian pencarian yang paling sesuai oleh pengunjung. Nah, disini mesin pencari milik google mulai sedikit lebih pintar lagi dalam menyeleksi konten. Maka dari itu, algoritma rankbrain merupakan salah satu yang paling berpengaruh diantara algoritma yang lain.

Saran Optimasi Algoritma Rankbrain

Agar bisa lolos dari algoritma rankbrain ini, anda bisa melakukan dengan cara yang mudah. Pastikan situs web anda memiliki tampilan yang ramah pengguna dan kecepatan memuat. Jika situs web anda lambat, maka pengunjung akan segera meninggalkan.

Dengan begitu akan berpengaruh terhadap rasio pentalan website dan posisi di SERP. Untuk pengguna wordpress, pastikan memilih hosting yang memiliki kecepatan yang bagus dan jarang down. Selain itu, cobalah untuk membuat konten yang menarik dan informatif.

7.  Algoritma Possum

update algoritma possum

Tidak berselang lama, pada tanggal 1 september 2016 kembali merilis update terbaru. Masih ada hubungannya dengan pigeon, algoritma possum berfokus kepada penempatan hasil pencarian yang terdekat dengan lokasi pencari.

Apabila pencari dekat dengan lokasi bisnis yang dicari, maka lokasi bisnis itulah yang muncul di halaman pertama SERP si pencari. Untuk lebih jelasnya, ketika anda melakukan pencarian “atm bank bri” maka lokasi yang muncul di SERP akan menyesuaikan dengan lokasi dimana anda ketika mencari. Keren kan?

Bagi anda yang memiliki bisnis, akan sangat terbantu dengan adanya update algoritma google yang satu ini. Anda bisa mendapatkan pengunjung potensial dari wilayah sekitar lokasi usaha.

Saran Optimasi Algoritma Possum

Lalu, bagaimana langkah agar algoritma possum membantu bisnis lokal anda? Caranya dengan membuat artikel yang terdapat kata kunci relevan dengan bisnis lokal anda. Lakukan pelacakan terhadap keywords tersebut. Bisnis lokal yang ada di SERP saat ini, menargetkan banyak kata kunci dalam satu artikel.

8. Algoritma Fred

update algoritma fred

Rilis update algoritma google yang terakhir adalah fred. Algoritma paling baru ini mulai beroperasi pada tanggal 8 maret 2017. Pada saat rilisnya algoritma fred, banyak blogger mengeluhkan penurunan trafik yang signifikan. Tahukah anda Fred ini, sampai sekarang masih melakukan perbaikan kecil setiap harinya.

Lalu apa yang menyebabkan trafik menjadi anjlok setelah update terbarunya? Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan trafik oleh algoritma fred. Diantaranya konten berkualitas rendah, pengalaman pengguna buruk, iklan yang terlalu vulgar.

Saran Optimasi Algoritma Fred

Bagi anda yang terdampak oleh update algoritma fred, cara untuk mengoptimasi kembali adalah dengan berfokus kepada kualitas konten dan pengalaman pengguna. Sajikan konten yang penuh informasi dan menyelesaikan permasalahan pengunjung.

Selain itu, hindari penempatan iklan yang kurang bagus. Jangan terlalu banyak menempatkan iklan pada konten. Supaya terhindar dari banned adsense pun, jangan melakukan spam iklan.

Sebagai seorang blogger, penjelasan diatas mengenai 8 macam update algoritma google terbaru beserta saran untuk optimasi wajib anda ketahui. Agar bisa sukses di dunia ngeblog, salah satu caranya adalah dengan belajar SEO yang meliputi algoritma mesin pencari.

Semoga penjelasan saya memberikan manfaat bagi keberlangsungan bisnis anda. Sekian dan semoga berhasil.