Wisata Gunung Merapi yang Mempesona dan Menarik Hati

Anda yang merupakan masyarakat Jawa Tengah pasti tahu mengenai wisata kali ini. Wisata alam Gunung Merapi merupakan tempat wisata yang sudah banyak dikenal oleh para masyarakat. Bahkan ada banyak para wisatawan asing yang juga tertarik dengan keindahan alamnya. Gunung Merapi sendiri juga terkenal karena peristiwa meletusnya gunung tersebut yang sering terjadi di tahun sebelumnya. Selain itu Gunung Merapi ini juga seringkali mengalami erupsi yang membuat warga sekitarnya harus mengungsi.

Destinasi Wisata Gunung Merapi yang Indah nan Elok

Namun demikian tidak membuat para pendaki menjadi merasa takut. Sudah seringkali mendengar kabar letusan tetapi para pendaki tetap nekat mendaki gunung tersebut. Hal demikian dikarenakan keindahan alam dari atas gunung yang sangat menakjubkan. Selain itu juga ketinggian gunung ini tidak terlalu tinggi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tempat wisata Gunung Merapi dan sekitarnya. Penasaran bukan? Langsung saja simak ulasan di bawah ini sampai akhir.

Bunker Kaliadem

Wisata Gunung Merapi yang Mempesona dan Menarik Hati 1
Source : Google Image

Tempat wisata Bunker Kaliadem ini tepatnya berada di Cangkringan, Sleman. Tempat wisata Bunker Kaliadem ini dijadikan sebagai benteng yang akan mengamankan dari awan panas Gunung Merapi itu sendiri. Di tempat wisata ini Anda akan sangat mudah mendapatkan foto yang terbaik. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang gunung yang sangat indah. Tempat wisata ini juga dijadikan sebagai saksi bisu meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2016 silam.

Volcano Trekking

Wisata Gunung Merapi yang Mempesona dan Menarik Hati 2
Source : Google Image

Bagi Anda yang belum tahu apa itu Volcano Trekking, tempat wisata Volcane Trekking ini merupakan wahana permainan jeep. Di tempat wisata Volcano Trekking ini Anda bisa menaiki jeep. Jika Anda tidak bisa mengendarai jeep sendiri maka nanti bisa juga menggunakan bantuan penjaga wahana tersebut. Tempat wisata ini juga menjadi saksi bisu letusan Gunung Merapi. Jeep yang Anda naiki tersebut berjalan di atas tanah bekas letusan Gunung merapi. Karena dahulu merupakan lahan kosong sehingga masyarakat memanfaatkan untuk dijadikan wahana permainan jeep.

Makam Mbah Maridjan

Wisata Gunung Merapi yang Mempesona dan Menarik Hati 3
Source : Google Image

Makan Mbah Maridjan ini sebenarnya lebih sebagai tempat penghargaan atas jasanya yang sangat besar. Mba Maridjan ini adalah juru kunci Gunung Merapi yang rela mati demi menjaga gunung itu. Tempat pemakaman ini dibuka secara umum sehingga Anda bebas memberi doa dan berkunjung ke makam ini. Mbah Maridjan ini merupakan sosok orang yang bertanggung jawab dan rela. Mbah Maridjan ini menjaga Gunung Merapi dengan sukarela tanpa mengharap imbalan dari para masyarakat.

Museum Sisa Hartaku

Wisata Gunung Merapi yang Mempesona dan Menarik Hati 4
Source : Google Image

Museum di daerah pegunungan ini tidak seperti di perkotaan yang dibangun dengan sangat megah dan menarik. Museum di daerah Gunung Merapi ini dahulunya adalah sebuah rumah kecil biasa. Harta yang ada di dalam museum ini juga cukup sederhana yang hanya terdiri dari perabotan rumah tangga yang terhampar setelah letusan gunung berapi Merapi yang besar. Penempatan benda-benda ini juga tidak disimpan di dalam lemari kaca layaknya museum di perkotaan.

Stonehenge Merapi

Wisata Gunung Merapi yang Mempesona dan Menarik Hati 5
Source : Google Image

Tempat wisata Stonehenge Merapi ini berupa bebatuan besar yang tersusun sehingga memberi kesan menarik untuk dijadikan sebagai spot foto. Batu-batu di tempat wisata ini merupakan sisa dari letusan Gunung Merapi di tahun 2010 lalu. Untuk bisa mendapatkan gambar yang bagus di tempat wisata ini, Anda perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orang. Bagi Anda yang sedang berada di Magelang dan sekitarnya jangan sampai lupa berkunjung ke tempat wisata ini.